Selasa, 16 April 2013

[Review] Lelaki Terindah - Andrei Aksana

Diposkan oleh Fhily Anastasya di 16.45
Judul Buku: Lelaki Terindah
Penulis: Andrei Aksana
Penerbit: Gramedia Pustaka Utama
Tebal: 219 halaman
Genre: Romance-LBGT
Novel Indonesia


Sinopsis :
Kisah tentang cinta antara dua lelaki, Valent dan Rafky. Cinta yang menghadapi berbagai rintangan dan halangan dari keluarga dan masyarakat, dan terutama dari diri mereka sendiri. Apakah salah bila cinta tumbuh di hati dua lelaki?

Apa yg harus dilakukan saat cinta telanjur mekar dan bersemi? Sanggupkah mereka menghadapinya?

Review:


Cerita dimulai dengan tokoh 'aku'. Yang menceritakan kesannya saat melihat Rafky. Saat dia baru pulang dari Paris. Dan ini Rafky minta tolong sama dia melukiskan kisahnya tentang lelaki terindah. Tapi... entah kenapa saya suka dengan penggambaran Rafky oleh aku ini Jantan, Gagah, Memukau, menggoda
Diikuti sebuah syair
Melukiskan dirinya,
setiap helai kata menjadi lumpuh
kehilangan makna

and love has just begun

Rafky dan Valent dipertemukan dalam sebuah perjalanan ke Thailand.
Bdw, suka dengan tulisan yang ini:
Kita tak pernah betul-betul merdeka
Kita selalu diperbudak
Bahkan oleh waktu
Dari sepercik nyala api yang dinyalakan masing-masing. Mencoba mengakrabkan diri satu dengan yang lain. Perkenalan diatas udara itu berujung pada ketertarikan satu dengan yang lain.
Awalnya mereka berdua saling menutupi 'ketertarikan yang aneh' itu. Secara mereka berdua laki-laki normal yang masih-masing punya pacar perempuan (?). Tapi... lama kelamaan mereka sadar akan hati mereka masing-masing. Ouch!!!
Hupfh *geleng-geleng* (bayangin seandainya jadi pacar mereka-mereka, lelaki-lelaki indah dan tanpa sepengetahuan saya pacar saya selingkuh tapi selingkuhnya sama laki-laki *mati ditempat*)
Lama mereka menjalani hubungan yang secara diam-diam akhirnya mereka jujur juga. Tapi tentu saja mereka ditentang keras. Terutama oleh Ibunya Valent (ya iyalah ibu mana yang mau anaknya laki-laki suka sama laki-laki mana ada ibu yang rela -_-).
Trus gimana dong? Dapatkah orang-orang terdekat mereka menyetujui hubungan mereka? Apa mereka akan melanjutkannya meski mereka tahu itu terlarang? Gimana nasib cinta tapi sama ini (?) Trus apa sih gunanya tokoh 'aku' di awal cerita (?) baca selengkapnya dalam Lelaki Terindah.

***


Kenapa saya suka? Kenapaaaahhh *ambilgarpu* -_-Y
Novel ini banyak metafora. Biasanya saya tidak menikmati cerita-cerita yang narasinya penuh metafora seperti ini. Tapi... kenapa yang ini malah saya suka (?) padahal temanya pun ga biasa tentang LBGT>Gay -_-
Di dalam cerita ini banyak terselip puisi-puisi yang saya suka juga. Baru pembukaannya sudah terasa nyes-nyesnya (?)

Sudah kualami perih karena kehilangan
Sudah kureguk kecewa karena ditinggalkan
Sudah ku didera luka karena dikhianati
Semuanya belum seberapa
Hanya satu derita yang paling menyiksa
Jatuh cinta
Tapi tak bisa memiliki


Suer pertamanya saya kira ini cerita bukan LBGT -_-v (sebelum membaca belakang cover) karena judulnya Lelaki Terindah. Saya kira itu ceritanya tentang cewek yang tergila-gila sama lelaki dan memujanya, menyanjungnya setinggi langit, seluas samudera sehingga membelah bumi terbang menembus stratosfer, atmosfer, troposfer (?) #abaikan.
Pas... baca dibelakangnya.... langsung buyaaaaarrrrr.
Mungkin kalau saya belum baca belakangnya dan langsung membaca puisi pertama itu ekspektasi saya langsung kayak gini 'Oh mungkin cerita ini tentang cewek yang mengagumi cowok diam-diam dan merasa cowok itu paling indah'.
Tapi... akan hancur juga ketika membaca...

...Ketika cinta tak memilih jenis kelamin,cinta pun menjadi terlarang...

DUARRRR!!!


Masih nggak percaya sih kalau saya menikmati cerita ini dengan begitu banyak kalimat cantik(?)
Oke. Dan kemungkinan itu Rafky dan Vallent saling suka itu karena keduanya juga saling membutuhkan. Vallent yang sakit dan kehilangan sosok Ayah tentu saja bisa jadi menganggap Rafky sebagai pengganti Ayahnya. Karena sakitnya itu, Rafky jadi ingin melindungi Vallent. Tapi Rafky di sini sweet ya mau melindungi gitu :3 cari cowok yang melindungi ceweknya sekarang mah jarang. Adanya yang ngerusak cewek itu banyak (?) #abaikan
Tapi saya terharu loh sama sebuah adegan waktu Rafky yang melepas kepergian Vallent untuk selama-lamanya karena penyakitnya menang. Rafky meluk Vallent erat dia terlihat hancur. Itu kayak menggambarkan betapa besar cinta mereka srooott :') meski sesama jenis -_- #okekembalilagisayadiingatkan#
Cuma... penyesaiannya terlalu cepat. Padahal konfliknya runyam.

4/5 stars :)


1 komentar:

irwan mahardika mengatakan...

boleh tidak saya pinjam novelnya.saya alamat Makassar tapi,,,atau saya beli yah novel ini.jujur, sekarang sudah susah dapatin novel ini...yah yah yah!!! terima kasih..........best regards irwan mahardy. kalau minat dijual ini kontakku 73e63a59

Poskan Komentar

Untuk pengguna anonymous mohon cantumkan nama di akhir komentar :) Terima Kasih^^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 

The Montage of My Books Template by Ipietoon Blogger Template | Gadget Review