Rabu, 17 April 2013

[Review] Dark Love - Ken Terate

Diposting oleh Fhily Anastasya di 00.40
Judul Buku: Dark Love
Penulis: Ken Terate
Penerbit: Gramedia Pustaka Utama
Tebal: 248 halaman
Genre: Teenlit
Novel Indonesia


Sinopsis :
Usiaku 17 tahun, hampir 18. Kelas 12. Hampir lulus. Dan aku hamil...

Kirana yang cerdas, cantik, dan ceria melihat semua impiannya luruh di depan mata. Hari-harinya mulai dipenuhi rahasia dan kecemasan. Ia nggak mungkin mampu melahirkan dan merawat bayi. Ia juga nggak mungkin mampu menghadapi celaan dari orang-orang di sekitarnya, teman-temannya, guru-gurunya, terutama kekecewaan orangtuanya. Saat ini Kirana berada di ambang jurang keputusasaan. Hidup seolah tidak menawarkan solusi apa pun padanya.

Bagaimana dengan cowok yang menghamilinya? Oh, cowok itu harus tetap sekolah. Dia nggak boleh terlibat. Dia cowok paling tampan dan paling cerdas di sekolah. Masa depannya begitu gilang gemilang. Kirana tidak ingin merusaknya. Siapakah dia? Kirana takkan pernah mau mengakuinya.

Review:

Sebenarnya sih ini lebih ketebak-tebakan. Soalnya waktu pertama kali beli ini gara-gara penasaran sama sinopsis dan beberapa review dari goodreads. Makanya tak coba beli. And here's the review:


[Review ini mengandung spoiler yang membuat kurang seru jika anda nanti membacanya, jadi kalau punya niat baca mending jangan baca review ini]

Sepertinya ini karya pertama mbak Ken Terate yang saya baca :)
Karena melihat beberapa review di sini yang sepertinya membuat saya penasaran.
Jadi saya membelinya via OS . Dan ketika sampai langsung saya baca.

Dari pertama baca saya menebak-nebak dulu siapa yang kira-kira menghamili Kirana.

Alvin? Andra? Banyu?

Sebelum membaca saya menebak Banyu! untuk alasan yang tidak masuk akal sih ._. hanya Banyu yang namanya dari B -_- #okeabaikan.

Dan mulailah saya membaca. Si Kirana ini menceritakan ketragisan hidupnya belakangan ini karena dirinya Hamil di saat masih duduk dibangku SMA dan lebih tragisnya lagi dia adalah kelas ujian. Sedikit lagi lulus. Dia hamil bukan karena perkosaan. Tapi karena melakukannya dengan seseorang yang dia sebut 'My Prince'. Tapi Kirana tidak mau mengatakan siapa My Price karena selain bisa menghacurkan persahabatan Hi 4 juga bisa menghancurkan masa depan 'My Prince' yang merupakan seseorang yang pintar. Itulah penyebabnya kenapa nilai-nilai kirana ini belakangan merosot jauh. Biasanya ranking 1/2 sekarang 4.
Mulai muncullah satu per satu cowok. Pertama yang disebut adalah Andra yang menjemputnya dengan motor bebek-nya (?) Nah ini Andra muncul setelah si Kiran SMS-an sama My Prince. Dan My Prince membujuknya untuk ikut ngumpul. Padahal Kirana sudah menolaknya. Nah... itu juga bisa menimbulkan kecurigaan kalau Andra adalah My Prince karena menjemputnya setelah SMS My Prince. (Tapi nggak ah~~~~ saya tetap keukeh pada dugaan sesuai huruf yang lebih tidak masuk akal wkwkwk)

Lanjut...

Cowok yang kedua disebut oleh Maria sahabat Kirana. Adalah Alvin yang merasa sangat kehilangan ketika Kirana tidak ikut pesta tahun baru. Alvin seperti mencari-cari sosok Kirana. Nah ini juga bisa menimbulkan kecurigaan kalau My Prince itu Alvin. (Tapi... nggak ah~~~ keukeh ah :p)

Lanjut...

Saya mencari-cari Banyu kapan disebut nggak disebut juga ;_; oke...oke. Tapi itu semakin membuat saya curiga. Apalagi ketika mereka berkumpul ada semuanya tapi yang paling jarang disebut adalah....... Banyu. *angkat alis sebelah*

Setelah itu...
Kirana mulai menceritakan kalau dia memegang banyak rahasia. Rahasia kelam Andra. Memalukan Banyu dan Menghebohkan Maria. Nah paragraf sebelum Kirana mengatakan itu. Saya tersenyum. Ah! I got the clue. Banyu pintar. Banyu punya rahasia memalukan yang membuat bibirnya bergetar dan suaranya jadi serak melengking. Matanya memandang Kirana dengan ketakutan, berkaca-kaca. Apalagi kalau bukan selesai.... ehem. Oke tapi tetap membaca terus karena masih penasaran.

Alvin, Banyu = Pintar.
Andra?

Tapi... yang membuat saya mencoret lebih dulu adalah namanya Alvin. Karena ya... Alvin akan berangkat ke luar negeri. Dia memang pintar. Tapi, menurut saya tidak cukup saya menuduhnya sebagai My Prince. Hm.

Tersisa Andra dan Banyu.

Oke kita lanjutkan.

Pas ulang tahunnya Andra kan. Katanya dia dan My Prince saling tatap tapi kayak nggak kenal gitu. Perasaan Andra dan Alvin biasa aja sama Kirana diceritanya. Disitu dia malah jarang menceritakan Banyu. Sampai pada pertengahan bacaan saya semakin yakin kalau My Prince itu Banyu. Walaupun Kirana sering mencocok-cocokan Banyu dengan Chacha. Tapi... It's not enough for me to remove him from my accusation.

Dan saya pun terus membaca dan semakin penasaran apa tuduhan saya dari awal tepat atau tidak. Dan ternyata......... [BENAR horeeee *cium Banyu* *eh abaikan*

Kirana melakukannya dengan Banyu hanya tiga kali.
Pertama dikos-kosannya Kirana.

Kedua dirumah Omnya Banyu saat Omnya itu nggak ada.

Ketiga sebagai hadiah ulang tahun untuk Banyu (oke ini miris karena teman-teman saya banyak yang seperti itu -_-)]


Yang saya kagetnya malah ketika mengetahui kalau Andra itu........... [ GAY]

Padahal pengin banget Andra sama Maria hahaha :)

Well, sebenarnya nggak cuma seru-seruan buat nebak siapa My Prince itu sih yang bisa diambil dari novel ini. Tapi banyak pendidikan seks untuk para remaja. Bahanya free sex dan lain sebagainya di sini. Gimana kalau kalian hamil diusia yang kalian belum siap menerimanya? Gimana rasanya nilai matematika jadi tidak penting karena harus mengganti popok bayi?

Jadi, seengaknya yang bisa dipetik dari sini itu banyak apalagi buat para remaja. Pacaran jangan ditempat gelap-gelapan. Pacaran lebih baik nggak cuma berduan. Karena dari pegang-pegangan tangan, lama-lama ingin lebih intim lagi peluk-pelukan. Well setelahnya cium-ciuman dan ciuman di dahi, pipi itu nggak ada efeknya lagi pindah bibir dan ketika ciuman bibir nggak membuat sesuatu seperti dulu butuh ciuman yang lebih HOT lagi -_- dan akhirnya....terjadilah. Jadi sebagai remaja harus tahu batasan-batasannya dari cerita Kirana ini agar menjadi pelajaran.


Love is not SEX


Disaat saya sekarang sedang tidak tertarik dengan membaca teenlit lagi karena ceritanya yang hampir satu dengan yang lain. Novel ini memberikan sesuatu yang baru dan buat saya menikmati baca teenlit lagi :)

Hehehe.

Tapi kenapa judulnya harus 'Dark Love'? -_-v (kata teman di GR artinya Cinta Gelap-Gelapan. Hahahaha bolehlah :D)


4/5 stars :)

0 komentar:

Posting Komentar

Untuk pengguna anonymous mohon cantumkan nama di akhir komentar :) Terima Kasih^^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 

The Montage of My Books Template by Ipietoon Blogger Template | Gadget Review