Selasa, 07 Mei 2013

[Review] Antologi Rasa - Ika Natassa

Diposkan oleh Fhily Anastasya di 05.05

Judul Buku: Antologi Rasa
Penulis: Ika Natassa
Penerbit: Gramedia Pustaka Utama
Tebal: 344 Halaman
Genre: Metropop



Sinopsis :
Tiga sahabat. Satu pertanyaan. What if in the person that you love, you find a best friend instead of a lover?

K e a r a

Were both just people who worry about the breaths we take, not how we breathe. How can we be so different and feel so much alike, Rul? Dan malam ini, tiga tahun setelah malam yang membuatku jatuh cinta, my dear, dan aku di sini terbaring menatap bintang-bintang di langit pekat Singapura ini, aku masih cinta, Rul. Dan kamu mungkin tidak akan pernah tahu. Three years of my wasted life loving you.

R u l y

Yang tidak gue ceritakan ke Keara adalah bahwa sampai sekarang gue merasa mungkin satu-satunya momen yang bisa mengalahkan senangnya dan leganya gue subuh itu adalah kalau suatu hari nanti gue masuk ke ruangan rumah sakit seperti ini dan Denise sedang menggendong bayi kami yang baru dia lahirkan. Yang tidak gue ceritakan ke Keara adalah rasa hangat yang terasa di dada gue waktu suster membangunkan gue subuh itu dan berkata, "Pak, istrinya sudah sadar," dan bahwa gue bahkan tidak sedikit pun berniat mengoreksi pernyataan itu. Mimpi aja terus, Rul.

H a r r i s

Senang definisi gue: elo tertawa lepas. Senang definisi elo? Mungkin gue nggak akan pernah tahu. Karena setiap gue mencoba melakukan hal-hal manis yang gue lakukan dengan perempuan-perempuan lain yang sepanjang sejarah tidak pernah gagal membuat mereka klepek-klepek, ucapan yang harus gue dengar hanya, "Harris darling, udah deh, nggak usah sok manis. Go back being the chauvinistic jerk that I love."

Thats probably as close as I can get to hearing that she loves me.

Review:



N.B: Hasil Re-read.

Bercerita tentang persahabatan empat orang Keara, Harris, Ruly dan Denise. Keempat orang itu menjadi sahabat karena sama-sama terdampar di sebuah kota di Sumatera. Keempat orang tersebut yang sama-sama banker akhirnya hidup bersama membiasakan diri satu dengan yang lain. Terlepas dari itu semua ketika mereka kembali ke Jakarta. Ternyata ada perasaan yang tumbuh satu dengan yang lainnya. Membuat mereka terperangkap dalam Cinta persegi. Harris dengan perasaan yang ia pendam pada Keara, Keara yang menyimpan perasaan pada Ruly, Ruly yang mencintai Denise walaupun Denise sudah menikah dengan Kemal. Semua menjadi rumit.
Apalagi ketika Keara akhirnya pergi ke Singapura untuk menonton F1 hanya bersama dengan Harris. Awalnya tentu saja Keara tidak mau. Tapi karena paksaan dari Harris dan tentu saja Ruly adalah alasan yang membuatnya menerima. Namun, Ruly membatalkan keberangkatannya di saat-saat terakhir. Membuat Keara akhirnya pergi hanya berdua dengan Harris. Sampai di Singapura pun hotel yang di-booking hanya menyediakan satu kamar walaupun dengan ranjang yang berbeda. Awal perjalanan mereka cukup menyenangkan. Ya... walaupun selama di Singapura Keara kurang menikmatinya, karena kepikiran tentang Ruly, Ruly dan Ruly. Apalagi mendengar Denise sakit dan Ruly yang merawatnya. Membuat bayangan Ruly yang menyuapi Denise. Menjaga Denise, membuatnya ingin menangis. Di sisi lain, Harris menahan hasratnya pada Keara. Berlagak menjadi sahabat yang selalu membuatnya tertawa. Menahan segala perasaan yang ada di hatinya. Walaupun Harris seorang lelaki PK (Penjahat Kelamin) tapi itu tidak berlaku ketika dia bersama-sama dengan Keara. Dia serasa seorang banci yang menyimpan perasaannya pada Keara. Namun... di malam terakhir, karena pengaruh minuman ketika Keara meminta Harris menciumnya, semuanya terjadi. Persahabatan pun terkhianati.
Keara kaget terbangun pagi hari di ranjang hotel dengan keadaan naked. Dengan bayangan yang terjadi di malam hari. Apalagi ketika dengan santainya Harris memanggilnya dengan ‘sayang’ dan membawakannya sarapan. Dunia seakan hancur! Sejak saat itu, dia tidak mau melihat Harris di hadapannya! Bagaimana mungkin he fucked her when her drunk?
Pulang ke Indonesia, Harris mencari berbagai cara untuk menghubungi Keara kembali. Namun Keara benar-benar tidak ingin melihat Harris.
Suatu saat, Ruly dan Keara bekerja dalam suatu team. Membuat mereka dekat. Namun, bukannya ia lebih senang karena bisa sering bertemu dengan Ruly, namun semakin melihat perasaan yang tumbuh dari dalam Ruly kepada Denise. Perasaan Ruly pada Denise yang tanpa memandang kalau Denise telah menikah. Hanya saja Denise yang buta. Lalu bagaimana jika muncul sosok Panji yang merupakan adik dari Panca, suami Dinda sahabat Keara? Sosok Panji yang sama PK-nya dengan Harris? Bagaimana jika diantara kehidupan Harris muncul seorang Karin? Bagaimana jika Ruly tetap terus menerus menyimpan perasaan pada Denise, sedangkan Denise yang walaupun tersiksa batin lebih memilih mempertahankan bersama suaminya? Baca selengkapnya dalam Antologi Rasa.

***

Harrisssssssssssss!! Come to me! Sama saya aja daripada tersiksa dengan perasaanmu pada Keara (?). Hahahaha. Suka sama Harris di sini u,u saya tipe orang yang suka sama lelaki PK dalam fiksi. Ingat cuma dalam fiksi. Dan Harris memenuhi persyaratan tipe lelaki kesukaan saya dalam fiksi hehehe. Kita bahas mulai dari karakter Keara. Cerita ini mempunyai beberapa POV, Keara merupakan heroine, Harris, Ruly terkadang juga Panji dengan porsi sedikit. Saya sih agak nggak suka dengan karakter Keara di sini. Agak gimana gitu. Keara ini adalah seorang perempuan yang done to fucked men. Now, her find to marry men. Dan hatinya jatuh pada Ruly, sahabatnya sendiri. Karena kealiman Ruly, karena ketulusan Ruly, karena kelakuan Ruly semuanya tentang Ruly yang berbeda dari pacar-pacarnya. Keara yang shopaholic, partner wine-wine solution-nya Harris—sebelum malam di Singapura itu, seorang banker yang punya prinsip menikmati hidup, dan juga seseorang yang tergila-gila dengan fotografi serta John Mayer. Dan lebih tergila-gila lagi pada seorang Ruly yang selalu menjajah pikiran dan hatinya. Ruly yang termasuk pada kategori lelaki alim namun tidak menggurui. Lelaki yang menurut pada sang bos. Lelaki yang mencintai Denise secara diam-diam juga. Yang menaruh sepenuh perhatiannya pada Denise walaupun wanita itu tidak menyadarinya. Semuanya hanya untuk Denise. Lelaki yang menyukai jenis musik melayu yang nggak banget buat Harris maupun Keara. Harris lelaki PK yang meniduri sejumlah wanita bahkan tidak dihitungnya. Kecuali satu Keara. Ia selama ini berpura-pura menjadi sahabat yang baik buat Keara. Padahal dalam hatinya menyimpan rasa pada Keara. Menemaninya ber-wine-wine solution dengan Keara. Semuanya terlibat cinta satu dengan yang lainnya. Cinta yang bertepuk sebelah tangan.
Novel ini sangat metro sekali dengan karakter dan POV yang banyak. Walaupun terkadang membuat saya bingung. Karena pergantian POV. Tapi it’s okay saya menikmatinya (baca: menunggu kapan POV Harris muncul) wkwkwk.
Well 4 stars just for Harris, wkwkwk #Kabur#

4/5 stars


0 komentar:

Poskan Komentar

Untuk pengguna anonymous mohon cantumkan nama di akhir komentar :) Terima Kasih^^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 

The Montage of My Books Template by Ipietoon Blogger Template | Gadget Review